Tips Menghindari Barang Palsu Saat Berbelanja Online



Di era digital ini semakin mudah berbelanja dengan, memakai smartphone dan bantuan internet. Tapi masih banyak juga kasus penipuan secara online oleh toko atau perorangan yang tidak bertanggung jawab. Mulai dari perbedaan barang yang di pajang dan di iklan kan berbeda dengan barang yang sudah dikirim. Ataupun barang yang dikirim adalah barang yang palsu, nah berikut ini beberapa tips membeli barang original supaya Anda sekalian tidak kecewa saat berbelanja barang dengan cara online.

·         Ketahui Produk Yang Akan Dibeli

Mengetahui susu formula yang akan di beli adalah tips berbelanja secara onliner yang cukup efektif menghindari penipuan. Cari tahu dulu berapa harga pasarannya. Selali bandingkan terlebih dahulu sambile memilih juga sebelum membeli. Selanjutnya pelajari juga spesifikasi barang tersebut, terutama untuk produk elektronik, jika pelru hubungi toko melalui kontak yang telah mereka sediakan. Selalu tanyakan sedetil mungkin, dan bila dirasa si penjual tidak memberikan jawaban yang memuaskan, patut lah kita untuk menyimpan curiga.

Anda juga harus tahu, apakah barang yang dijual tersebut memang di jual di Indonesia atau tidak. Beberapa toko online menjual produk impor secara langsung, sebagai resleer dari merek-merek yang tidak di jual doi toko fisik. Biasanya harga akan lebih mahal karena ada biaya yang masuk secara resmi melalui distributor resmi. Cek dengan teliti sebelum membeli, jangan sampai membeli barang-barang black market yang masuk secara illegal.

·         Cek Nama Toko dan Tampilan Website

Berbelanja online adalah belanja yang harus cermat memilih toko online yang terpercaya. Cek apkah cukup meyakinkan. Cara termudah untuk melakukan ini adalah melalui search engine yaitu dari google hasil pencarian akan menunjukan reputasi toko, ulasan dari pembeli dan informasi-informasu yang lain. Toko yang terpercaya biasnya akan langsung muncul di halaman pertama. Cara yang lain adalah dengan melhat apakah website tersebut dibuat dai hosting berbayar. Atau gratis, biasanya online shop terpercaya memiliki domain sendiri. bukan melalui blogspot, wordpress dan lain-lain. Toko seperti ini biasa nya menjual barang-barang palsu, walaupun tidak selalu. Jika sudah benar merasa aman, anda bisa mencoba untuk berbelanja.

·         Baca Testimoni Pembeli

Walaupun tidak selalu menjadi jaminan, membaca testimony pembeli sebelumnya juga cukup pentih lho. Pembeli yang merasa kecewa mendapatkan barang palsu biasnaya akan menuliskan rating yang tidak baik untuk toko tersebut, begitu juga bila barang yang dikirimkan pesanan, testimony yang diberiak akan baik, salah satu tips untuk mengetahui apakah testimony pembelian tersebut meyakinkan, cek juga user name pembelinya, dan baca ulasan-ulasanya pda website tersebut, pembeli yang puas akan kembeli membeli bang di toko yang sama, namun jika testimoni yang diberikan mengada-ada dan terkesan lebay dan seragam, kemungkinan dia hanya bot dan bukan pembeli nyata.

·         Lihat Kontak Toko Online

Toko online selalu memliki layanan Customer service. Mereka juga akan mencantumkan telepon dan juga email, Pastikan untuk cek kebenaran infomasi tersebut. Toko onloner barang palsu tidak ingin keberadaannya diketahui oleh pembeli, jadi biasanya mereka menampilkan nama toko fiktif dengan alamat dan kontak palsu yang tidak bisa dihubungi.

·         Garansi Produk

Untuk barang elektronuk ataupun barang lainnya yang bergaransi, selalu tanyakan produk tersebut. Pertama, apakah jenis garansinya apa yang diberikan, resmi atau toko. Garansi toko biasanya diberikan untuk barang yang tidak dijual resmi di Indonesia. Kedua, keuntungan apa saja yang di dapat dnegan garansi tersebut mulai dari pengembalian barang, perbaikan sampai after sale service lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghindari Barang Palsu Saat Berbelanja Online"

Posting Komentar