Cara Mudah Mengetahui Lembaga Pinjaman Online yang Terpercaya


Kebutuhan masyarakat akan pencairan pinjaman dana yang mudah dan cepat menjadi salah satu alasan pinjaman online menjamur di Indonesia. Konsep pinjaman online yang praktis seperti tidak perlu mendatangi kantor, meminjam hanya bermodal KTP, tanpa jaminan apapun, dan bisa dilakukan di mana saja menjadi salah satu alasan mengapa banyak masyarakat memilih untuk menggunakan pinjaman online ketimbang di bank. 

Namun, karena cara kerjanya yang mudah, lalu tergiur dengan nominal jumlah uang yang ditawarkan,  tak jarang banyak masyarakat tidak meneliti dan mencari tahu lebih lanjut mengenai seluk beluk perusahaan. Akhirnya, bukan kemudahan yang didapat, melainkan terjebak pada hutang pinjaman online ilegal dengan bunga berkali-kali lipat. Tentunya hal ini tak ingin terjadi oleh Anda maupun keluarga dan sahabat Anda. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk meminjam dana dari pinjaman online. 

Pertama, cek dan verifikasi perusahaan pinjaman online tersebut di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perlu diketahui bahwa OJK merupakan pihak yang berwenang dalam memberikan izin, mengatur, hingga mengawasi jalannya perusahaan juga lembaga finansial di Indonesia. Apabila perusahaan pinjaman online tersebut tidak terdaftar di OJK, maka perlu diwaspadai karena bisa jadi itu adalah perusahaan ilegal. Biasanya pada website perusahaan, apabila terdaftar di OJK, ia akan mencantumkannya di website  dengan menampilkan logo OJK di bagian bawahnya. 

Kedua pelajari rincian biaya hingga jaminan yang diberikan. Jangan sampai karena tergiur penawaran pinjaman online bunga rendah, Anda mengabaikan hal-hal penting lainnya. Pastikan Anda membaca secara menyeluruh mengenai regulasi pembayaran, bunga yang dikenakan setiap bulan, hingga tempo pembayaran. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan ialah provinsi atau uang tanda jasa saat pinjaman online disetujui, administrasi uang yang digunakan untuk mengurus kelengkapan pinjaman, lalu denda yang akan dikenakan apabila terlambat membayar cicilan juga penalti apa yang akan diberikan apabila Anda ingin mempercepat pelunasan cicilan. Lalu, pastikan juga apakah perusahaan tersebut menerima pinjaman online tanpa jaminan.

Selanjutnya, ketahui juga persyaratan yang harus dipenuhi, umumnya perusahaan akan meminta KTP dan nomor wajib pajak. Perhatikan juga apakah syarat yang diminta mencurigakan atau tidak. Syarat-syarat yang mencurigakan salah satunya dengan meminta nomor kartu kredit dengan tiga 3 angka di belakangnya. Tentunya permintaan ini tidak wajar karena tiga digit di belakang kartu adalah hal yang fatal. 

Syarat ganjil lainnya ialah apabila Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu untuk mendapatkan pinjaman di luar biaya administrasi. Hal ini jelas sebuah penipuan dan patut diwaspadai. Karena perusahaan pinjaman online yang terpercaya tidak akan meminta sejumlah uang kepada para peminjamnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Lembaga Pinjaman Online yang Terpercaya"

Posting Komentar